Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Berbasis Web Pada Organisasi Nahdlatul Ulama (Nu) Dalam Pengelolaan Data Tingkat Cabang Supaya Terintegrasi Secara Terpusat

Main Article Content

Ahmad Lubis Ghozali
Kurnia Adi Cahyanto
Widayanti

Abstract

Nahdlatul ulama merupakan organisasi masyarakat yang besar dan cakupannya luas. Salah satunya yaitu Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama di Kabupaten Indramayu. Dalam tingkatan pengurus masih belum adanya koordinasi untuk pendaftaran anggota, dimana masih belum mengetahui jumlah anggota percabang dan anggota resmi yang sudah terdaftar. Sehingga data-data anggota masih belum terorganisir dengan baik. Begitupun dengan pengurus, belum adanya koordinasi antar cabang. Berdasarkan analisis tersebut, dibuatlah aplikasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama yang berjudul “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Berbasis Web pada Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) dalam Pengelolaan Data Tingkat Cabang Supaya Terintegrasi Secara Terpusat” sehingga dapat memudahkan pengurus cabang dalam mendata anggota ataupun pengurus disetiap cabangnya. Metodologi yang digunakan untuk sistem adalah metodologi waterfall sistem dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode black-box testing untuk menemukan kesalahan fungsi pada program. Setelah dilakukan pengujian, didapatkan hasil bahwa proses register, proses login, proses penambahan anggota, proses penambahan cabang, proses penambahan pengurus, proses keuangan, dan proses penambahan barang inventaris dapat dilakukan dengan sukses serta secara fungsional sistem dapat menghasilkan keluaran yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Rumah Tangga Nahdlatul Ulama Lembaga Ta’lim wan Nasyr PBNU.
[2] Azis, A., Ghozali, A. L., & Darsih, D. 2017. Implementasi Sistem Informasi Data Sekolah Pada Tingkat Kecamatan Berbasis GIS Menggunakan Google Map. INOVTEK-Seri Informatika, 2(2), 84-91.
[3] Anonym. 2015. Tentang NU. www.nu.or.id. Diakses pada tanggal 15 Maret 2019
[4] Galih. 2016. Pengenalan dan Pengertian serta Kegunaan Framework Bootstrap. https://www.indosmartdigital.com/. Diakses pada 5 Agustus 2019.
[5] Latief, Mukhlisulfatih. 2012. Pendekatan Database untuk Manajemen Data dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa untuk Mengaplikasikan Konsep Basisdata. Peran LPTK dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia. Vol. 1, No. 234.
[6] Mujilan, Agustinus. 2013. Analisis dan Perancangan Sistem. Madiun : Universitas Widya Mandala Madiun.
[7] Raharjo, Budi. 2016. Modul Pemrograman WEB (HTML, PHP, & MYSQL) edisi ketiga. Bandung : Modula.