Penerapan Metode Simple Additive Weighting Pada Aplikasi E-Kuesioner Penilaian Kinerja Guru

Main Article Content

Dimas Aulia Pudjie Prasetya
Petrus Sokibi
Wanda Ilham

Abstract

Standar pendidik atau tenaga kependidikan merupakan salah satu strandar dari standar pendidikan di Indonesia. Standar pendidik dapat menentukan kualitas yang dihasilkan dari pembelajaran yang dilakukannya. Dalam menentukan kualitas pendidik maka harus ada penilaian terhadap kinerja guru. Penilaian kinerja guru biasanya dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Ketua Yayasan, hal tersebut menimbulkan terjadinya penilaian secara subjektif. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem yang menunjang keputusan untuk menentukan kualitas dari pendidik atau guru sehingga penilaian dapat lebih adil dan bersifat objektif. Sistem yang menunjang keputusan untuk menentukan kualitas guru ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Sistem ini berbasis web dan android yang dibuat dengan memanfaatkan seperangkat komputer yaitu laptop dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Java serta menggunakan database MySQL. Sistem ini dapat melakukan kinerja guru yang melibatkan siswa sebagai responden untuk mengisi kuesioner penilaian kinerja guru. Dengan melibatkan siswa yang dalam hal ini sangat berkaitan erat dengan cara pengajaran dari guru yang bersangkutan dapat lebih mengetahui kualitas guru tersebut dan menghasilkan penilaian kinerja yang cukup objektif.


 


Kata Kunci:  Sistem Pendukung Keputusan, Kinerja Guru, Web, Android.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Dinas Pendidikan, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomer 16 Tahun 2007, 4 Juni 2018. [Online]. Tersedia: http:/www.disdik.jabarprov.go.id. [Diakses: 01 April 2020].
[2] Z. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru untuk Rekomendasi Guru Tetap Berbasis Balanced Scorecard dengan Pendekatan Analytic Network Process,” Pros. Semin. Nas. Sisfotek, vol. 3, no. 1, pp. 177–186, 2019.
[3] P. S. Sukanto, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PT HARJAMUKTI JAYA MANDIRI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), 2018, doi: 10.35957/jatisi.v5i1.121
[4] M. Budihardjo, Panduan Praktis Penilaian Kinerja Karyawan. Jakarta: Raih Asa Sukses, 2015.
[5] M. Amri and A. B. M. Assad, “PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IX MTS AS’ADIYAH PUTERI 1 SENGKANG KABUPATEN WAJO,” Inspiratif Pendidik., 2020, doi: 10.24252/ip.v9i1. 13277.
[6] E. Ekastini, K. Kusrini, and E. T. Luthfi, “Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process untuk SPK Penyeleksian Naskah Layak Terbit,” Creat. Inf. Technol. J., 2018, doi: 10.24076/citec.2017v4i2. 103.