Penerapan Metode Simple Additive Weighting Untuk Menentukan Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah

Main Article Content

Puja Irawan
Petrus Sokibi
Ivan Susanto

Abstract

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mendukung pendidikan di Indoensia. Dana BOS dapat diterima oleh sekolah dengan mengikuti persyaratan yang berlaku. Penentuan penggunaan dana BOS umunya dilakukan dengan hasil suara terbanyak yang didapatkan ketika rapat penggunaan dana BOS. Hal tersebut dianggap kurang efektif karena tidak jelas keprioritasaanya, sehingga untuk mendapatkan hasil keputusan yang lebih efektif solusinya adalah dengan menggunakaan sebuah sistem untuk menunjang keputusan.Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan penggunaan dana BOS dilakukan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Sistem ini berbasis web yang dibuat dengan memanfaatkan seperangkat komputer yaitu laptop dan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) serta menggunakan database MySQL. Sistem ini dapat digunakan untuk melakukan pengajuan dan menghitung data pengajuan. Dari hasil perhitungan tersebut Kepala Sekolah dapat memilih pengajuan yang akan disetujui dengan mempertimbangkan hasil perhitungan metode SAW. Sistem ini menghasilkan informasi berupa laporan penggunaan dana BOS yang dapat dilihat oleh guru dan orang tua siswa. Kelebihan dari sistem ini adalah informasi penggunaan dana BOS disertai dengan tingkat keprioritasannya karena sistem ini menerapkan metode SAW untuk menunjang keputusan penentuan penggunaan dana BOS, namun laporan yang dihasilkan hanya sebagai informasi penggunaan dana BOS bukan untuk laporan kepada kementrian pendidikan dan kebudayaan.


 


Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Bantuan Operasional Sekolah, Web.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] M. Prasetia., 2019, Sistem Pendukung Keputusan Prioritas Rehabilitasi Bangunan SDN/MIN Di Kabupaten Pulang Pisau, Jurnal Teknologi Berkelanjutan , vol. 8, no. 2, pp. 41-49.
[2] R.T. Utami, D. Andreswari, dan Y. Setiawan., 2016, Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dengan Pembobotan Rank Order Centroid (ROC) Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Seleksi Pengguna Jasa Leasing Mobil, Jurnal Rekursif, vol. 4, no. 2.
[3] I. Samsie, K. Mujahid, dan R.R. Lembang., 2017, Penentuan Kualitas Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW), Jurnal Pekommas, vol. 2, no. 1, pp. 17-28.
[4] P. Sokibi dan N. Bahiyah., 2018, Perancangan Sistem Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Information Technology Engineering Journals, vol. 3, no. 1, pp. 17-35.
[5] A. Setiadi, Yunita, A.R. Ningsih., 2018, Penerapan Metode Simple Additive Weighting(SAW) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik, Jurnal Sistem Informasi dan Komputer, vol. 07, no. 02, pp. 104-109.
[6] A. Amborowati dan R. Marco., 2016, Analisis Pengelolaan Dan Monitoring Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Menggunakan Sistem Informasi Berbasis Website Pada SLTP Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jurnal Ilmiah DASI, vol. 17, no. 1, pp. 6-14.