Analisa Pencarian Rute Tercepat Menuju Tempat Wisata Pulau Kumala Kota Tenggarong Menggunakan Algoritma Greedy

Main Article Content

Harming Puja Kekal
Windu Gata
Siti Nurdiani
Andi Jati Setio Rini
Deviana Sely Wita

Abstract

Pada saat kita hendak berpergian seringkali memikirkan sebuah rute perjalanan yang akan dilalui. Maka dari itu perlu ditentukan sebuah alternatif perjalanan menuju tempat wisata dari tempat satu ke tempat lainnya supaya sampai dengan cepat. Selain itu kita harus mempertimbangkan waktu agar tidak terlalu lama membuang waktu dalam perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute tercepat dari Samarinda (ring road) (node A) ke Pulau Kumala (node H) dengan mempertimbangkan jarak dan waktu menggunakan algoritma greedy. Dalam hal ini terdapat tiga pilihan rute perjalanan dari node A menuju node H. Pilihan rute pertama yaitu dari node A→C→F→G→H, kemudian rute kedua yaitu dari node A→B→D→F→G→H, dan rute yang ketiga yaitu A→B→E→G→H. Untuk menentukan rute perjalanan dengan jarak terpendek dan waktu yang cepat dapat dilakukan dengan menggunakan solusi pendekatan algoritma Greedy. Algoritma Greedy membentuk solusi langkah per langkah dan terdapat beberapa pilihan yang memberikan hasil terbaik dengan membuat pilihan optimum lokal pada setiap langkah sehingga diperoleh solusi optimum global. Metode pengumpulan data menggunakan teknik studi literatur, observasi dan wawancara dalam memahami permasalahan objek penelitian selanjunya dilakukan alur penelitian untuk memudahkan dalam implementasi analisa pemilihan rute. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada objek penelitian diperoleh hasil penelitianpencarian rute terpendek dari node A menuju node H yaitu rute dari Ring Road → Pusaka → Polowali → Teluk Dalam → Pulau Kumala dan dinyatakan dengan node rute A→B→E→G→H dengan jarak 20 Kilometer

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Levitin, A., Introduction to The Design & Analysis of Algorithms, New Delhi India : Pearson Education, 2012.
[2 ]Efendi, F. S., Pinto, M., & Tempake, H. S., Implementasi Algoritma Greedy Untuk Melakukan Graph Coloring : Studi Kasus Peta Provinsi Jawa Timur. Vol 4 edisi 2, 440-448, 2012.
[3] Herli, A. M., Indra K. R., Purbandini. “Sistem Pencarian