Preferensi Learning Management System Di Masa Pandemi Covid

Main Article Content

Andi Hildayanti
Muhammad Sya’rani Machrizzandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan Learning Management System yang digunakan selama masa pandemi Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan istilah CoViD-19 di lingkup perguruan tinggi. Hasil komparasi tersebut akan menunjukkan keunggulan dan kelemahan Learning Management System yang ada sehingga memudahkan dosen untuk memilih aplikasi Learning Management System yang dianggap sesuai dengan kebutuhan perkuliahan. Selain itu, hasil komparasi ini juga menjadi dasar perumusan skala prioritas aplikasi Learning Management System di lingkup perguruan tinggi, tidak terkecuali di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Informasi Learning Management System yang digunakan tersebut dikumpulkan melalui pembagian kuesioner online agar memudahkan dalam proses analisis statistik. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa aplikasi Learning Management System yang dominan digunakan adalah Google Classroom karena banyaknya aplikasi penunjang yang dengan mudah disinkronkan dalam satu akun pengguna, serta beban kuota internet yang lebih murah menjadi alasan kuat pemilihan media pembelajaran daring dari aplikasi google ini

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Anonim. 2020. Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
[2] Harnani, Sri. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Webpage BDK Jakarta: Kementerian Agama RI.
[3] Hildayanti, A., & Machrizzandi, M. S. R. (2020). The Application of IoT (Internet of Things) For Smart Housing Environments And Integrated Ecosystems. Nature: National Academic Journal of Architecture, 7(1), 80-88..
[4] Hildayanti, A., & Machrizzandi, M. S. R. (2020). Sistem Rekayasa Internet Pada Implementasi Rumah Pintar Berbasis IoT. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar, 6(1), 45-51.
[5] Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
[6] Curry, J. R. 2002. The Organizational Challege:IT and Revolution in Higher Education, Educause Review, Maret/April, 40-48
[7] Ermayulis, Syafni. 2020. Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19. Webpage STIT Al-Kifayah Riau.