PENERAPAN APLIKASI SIMULASI VENDING MACHINE MENGGUNAKAN KONSEP FINITE STATE AUTOMATA UNTUK BARANG INVENTARIS SEKOLAH

Main Article Content

Wuri Tirtawati

Abstract

Di setiap sekolah menengah, biasanya sulit dalam pendataan peminjaman barang inventaris. Siswa biasanya meminjam barang inventaris tanpa seizin guru atau staf sarana dan prasarana, melainkan langsung mengambil dari ruang barang inventaris. Dalam mengumpulkan data peminjam barang inventaris bisa jadi sulit terdata dan bermasalah. Hal ini dikarenakan siswa biasanya tidak mengembalikannya ke ruang barang inventaris saat meminjam, dan tidak mengisi data peminjam yang nantinya mereka gunakan. Sehingga saat dibutuhkan, barang inventaris hilang atau tidak berada pada tempatnya. Hal ini menjadi masalah karena menyulitkan siswa lain untuk menggunakan barang inventaris tersebut. Ada beberapa barang inventaris yang biasanya sering digunakan seperti: laptop, proyektor, kabel rol, mic dan toa speaker, peralatan olahraga dan peralatan kesenian. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konsep Finite State Automata (FSA) sebuah Vending Machine (VM) pada penyedian barang inventaris sekolah yang memanfaatkan scan barcode pada aplikasi sebagai alat transaksi utama, dengan cara ini pengumpulan data pinjaman akan dicatat oleh sistem dan dapat digunakan untuk tinjauan dan referensi untuk pengembangan aplikasi serupa lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] D. Krisnandi, Z. D. Fatiha, J. L. Putra, S. A. Saputra, and W. Gata, “Konsep Finite State Automata Pada Desain Vending Machine Alat Praktik Di Sekolah Menengah Kejuruan,” J. Keilmuan dan Apl. Tek. Inform. J. Explor. IT, vol. 13, no. 1, pp. 22–27, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/EXPLORE-IT/article/view/2568.
[2] A. Setiawan and Z. Zarenuddin, “Sistem Peminjaman Barang Inventaris Media Perkuliahan Berbasis Qrcode Sebagai Pendamping Sistem Konvensional Untuk Pengelolaan Barang,” Technol. J. Ilm., vol. 10, no. 3, p. 134, 2019, doi: 10.31602/tji.v10i3.2119.
[3] K. Handayani, D. Ismunandar, S. A. Putri, and W. Gata, “Penerapan Finite State Automata Pada Vending Machine Susu Kambing Etawa,” Matics, vol. 12, no. 2, pp. 87–92, 2021, doi: 10.18860/mat.v12i2.9270.
[4] R. Pradana Putra, I. G. A. P. Raka Agung, and P. Rahardjo, “Rancang Bangun Vending Machine Menggunakan Qr Code Berbasis Mikrokontroler,” J. SPEKTRUM, vol. 6, no. 2, p. 102, 2019, doi: 10.24843/spektrum.2019.v06.i02.p15.
[5] N. Lediwara and M. Rivaldi, “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Laboratorium Komputer SMPN 11 Kota Bengkulu,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 4, p. 117, 2019, doi: 10.32493/jtsi.v2i4.3527.
[6] Y. Saputra, T. Permana, and D. Suhayat, “Analisis Sarana Praktik pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan di SMK,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 4, no. 1, p. 117, 2017, doi: 10.17509/jmee.v4i1.7451.
[7] Widyasari, “Telaah Teoritis Finite State Automata Dengan Pengujian Hasil Pada Mesin Otomata,” Sisfotenika, vol. 1, no. 1, pp. 59–67, 2011, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/.
[8] S. M. S. Arifin et al., “Smart vending machine based on SMS gateway for general transactions,” QiR 2017 - 2017 15th Int. Conf. Qual. Res. Int. Symp. Electr. Comput. Eng., vol. 2017-December, no. 2, pp. 34–39, 2017, doi: 10.1109/QIR.2017.8168447.
[9] A. Saepulloh and M. Adeyadi, “Aplikasi Scanner Berbasis Android Untuk Menampilkan Data Id Card Menggunakan Barcode,” Jumantaka, vol. 03, no. 01, pp. 101–110, 2019.
[10] P. Issn et al., “PENERAPAN KONSEP FINITE STATE AUTOMATA PADA SIMULASI ALAT PELIPAT PAKAIAN OTOMATIS,” vol. 7, no. 2, pp. 33–38, 2021.
[11] E. Supriyanto, A. Ardiansyah, S. Rahayu, W. Gata, U. N. Mandiri, and J. Pusat, “PENERAPAN FINITE STATE AUTOMATA PADA VENDING MACHINE 8 | S T M I K D i a n C i p t a C e n d i k i a K o t a b u m i,” no. 2, pp. 8–14, 2020.
[12] R. Suharsih and F. Atqiya, “Penerapan Konsep Finite State Automata (FSA) pada Aplikasi Simulasi Vending Machine Yoghurt Walagri,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 71–78, 2019, doi: 10.17509/edsence.v1i2.21778.
[13] D. Bandara et al., “Penerapan Finite State Automata Pada Mesin Tiket Otomatis Bus Damri,” vol. 23, no. 2, pp. 167–173, 2021.
[14] B. Ibrahim and A. Rifa, “Perancangan Reverse Vending Machine Khusus Botol Kaleng Dan Plastik Yang Dapat Diterapkan Di Indonesia,” Nasional, vol. 2, no. 1, 2015.
[15] E. Erni, F. Titiani, S. A. Putri, and W. Gata, “Penerapan Konsep Finite State Automata Pada Aplikasi Simulasi Vending Machine Jamu Tradisional,” J. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 141–147, 2020, doi: 10.31294/ji.v7i2.8151.
[16] R. A. Nugraha, A. Mulyani, and W. Gata, “Desain Vending Machine Rujak Buah Dengan Finite State Automata,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 5, no. September, pp. 198–207, 2020.