IMPLEMENTASI KONSEP FINITE STATE AUTOMATA (FSA) UNTUK PENGOLAHAN DATA SANTRI PADA PONDOK PESANTREN
Main Article Content
Abstract
Jumlah data pondok pesantren di Indonesia mencapai 27.722 pada pangkalan data pondok pesantren kementrian agama. Pesantren merupakan lembaga pendidikan islam tradisional, siswa atau yang biasa disebut dengan santri menetap bersama di bimbing dan di kontrol penuh oleh kiai dalam satu lingkungan pesantren yang biasanya terdiri dari ruang asrama, ruang belajar, tempat ibadah, dan lapangan olahraga. Ada beberapa pesantren besar yang jumlah santrinya mencapai ribuan bahkan puluhan ribu dan banyak juga pesantren masih belum memiliki sistem pendataan yang baik, tentu akan sangat merepotkan untuk mengolah data santri untuk berbagai keperluan pondok pesantren. Data santri dapat di gunakan untuk data daftar ulang, pembayaran SPP, penilaiann, target hafalan, dan alaumni jika sudah lulus. Pada paper kali ini penulis mencoba mengimplementasikan konsep finite state automata (FSA) jenis Nondeterministic Finite Automata (NDFA) dalam siklus data santri untuk berbagai kebutuhan pondok pesantren dan diharapakan dapat mempermudah pengolahan data santri pada pondok pesantren.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
[2] A. P. Giovani, F. Zamachsari, E. D. Agustono, M. I. Prasetya, and W. Gata, “IMPLEMENTASI FINITE STATE AUTOMATA DALAM SIKLUS PEMBELAJARAN MAGISTER ILMU KOMPUTER STMIK NUSA MANDIRI,” 2020.
[3] Anggun Yuli Asih, Rini Novi Ambarwati, Eni Heni Hermaliani, Tuti Haryanti, and Windu Gata, “Penerapan Konsep Finite State Automata Pada Aplikasi Simulasi Vending Machine Beras,” Elkom J. Elektron. dan Komput., vol. 14, no. 1, pp. 130–140, 2021, doi: 10.51903/elkom.v14i1.442.
[4] S. Permana, “Penerapan Konsep Finite State Automata Pada Layanan Pengajuan Open Proxy Access Di Lingkungan Provinsi Dki Jakarta,” J. Informatics Commun. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 42–49, 2021, doi: 10.52661/j_ict.v3i1.72.
[5] A. M. Nisa and H. Kurniansyah, “Perancangan dan Implementasi Finite State Automata pada Pusheen Cat Maze Game dengan Adobe Flash,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 2, no. 1, p. 13, 2019, doi: 10.25273/research.v2i1.4268.
[6] I. D. Wisjaya, N. A. Fajarina, and D. H. Subhi, “Simulasi Pembelajaran Berternak Burung Puyuh Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android,” J. Teknol. Inf. dan Terap., vol. 6, no. 1, pp. 12–18, 2019, doi: 10.25047/jtit.v6i1.103.
[7] R. A. Ma’arif and F. Fauziah, “Implementasi Finite State Automata (FSA) dalam Proses Pengisian Kartu Rencana Studi,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 115–120, 2018, doi: 10.31328/jointecs.v3i3.816.
[8] R. A. W, H. Tolle, and O. Setyawati, “Pengembangan Aplikasi Text-to -,” Pengemb. Apl. Text-to-Speech Bhs. Indones. Menggunakan Metod. Finite State Autom. Berbas. Android, vol. 5, no. 1, 2016, [Online]. Available: https://www.academia.edu/61451518/Pengembangan_Aplikasi_Text_to_Speech_Bahasa_Indonesia_Menggunakan_Metode_Finite_State_Automata_Berbasis_Android
[9] A. Perguruan and T. Aperti, “Jurnal Teknologia PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN ‘ PILAH SAMPA H ’ MENGGUNAKAN PEMODELAN FINITE STATE Jurnal Teknologia,” vol. 1, no. 1, pp. 38–46, 2018.
[10] M. Hamada and S. Sato, “A game-based learning system for theory of computation using Lego NXT robot,” Procedia Comput. Sci., vol. 4, pp. 1944–1952, 2011, doi: 10.1016/j.procs.2011.04.212.
[11] Z. Zhang, C. Xia, and Z. Chen, “On the stabilization of nondeterministic finite automata via static output feedback,” Appl. Math. Comput., vol. 365, p. 124687, 2020, doi: 10.1016/j.amc.2019.124687.
[12] A. W. Aranski, Teori Bahasa dan Otomata, 2018th ed. Pustaka Galeri Mandiri.