IMPLEMENTASI KONSEP FINITE STATE AUTOMATA (FSA) UNTUK PENGOLAHAN DATA SANTRI PADA PONDOK PESANTREN

Main Article Content

Syafiqul Shubuh
Laela Kurniawati
Eni Heni Hermaliani
Windu Gata

Abstract

Jumlah data pondok pesantren di Indonesia mencapai 27.722 pada pangkalan data pondok pesantren kementrian agama. Pesantren merupakan lembaga pendidikan islam tradisional, siswa atau yang biasa disebut dengan santri menetap bersama di bimbing dan di kontrol penuh oleh kiai dalam satu lingkungan pesantren yang biasanya terdiri dari ruang asrama, ruang belajar, tempat ibadah, dan lapangan olahraga. Ada beberapa pesantren besar yang jumlah santrinya mencapai ribuan bahkan puluhan ribu dan banyak juga pesantren masih belum memiliki sistem pendataan yang baik, tentu akan sangat merepotkan untuk mengolah data santri untuk berbagai keperluan pondok pesantren. Data santri dapat di gunakan untuk data daftar ulang, pembayaran SPP, penilaiann, target hafalan, dan alaumni jika sudah lulus. Pada paper kali ini penulis mencoba mengimplementasikan konsep finite state automata (FSA) jenis Nondeterministic Finite Automata (NDFA) dalam siklus data santri untuk berbagai kebutuhan pondok pesantren dan diharapakan dapat mempermudah pengolahan data santri pada pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Budyanita Asrun, “KONSEP FINITE STATE AUTOMATA DALAM PROSES PENDAFTARAN UJIAN SKRIPSI DI FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER UNCP,” J. Ilm. Inf. Technol. d’Computare, pp. 5–9, 2020.
[2] A. P. Giovani, F. Zamachsari, E. D. Agustono, M. I. Prasetya, and W. Gata, “IMPLEMENTASI FINITE STATE AUTOMATA DALAM SIKLUS PEMBELAJARAN MAGISTER ILMU KOMPUTER STMIK NUSA MANDIRI,” 2020.
[3] Anggun Yuli Asih, Rini Novi Ambarwati, Eni Heni Hermaliani, Tuti Haryanti, and Windu Gata, “Penerapan Konsep Finite State Automata Pada Aplikasi Simulasi Vending Machine Beras,” Elkom J. Elektron. dan Komput., vol. 14, no. 1, pp. 130–140, 2021, doi: 10.51903/elkom.v14i1.442.
[4] S. Permana, “Penerapan Konsep Finite State Automata Pada Layanan Pengajuan Open Proxy Access Di Lingkungan Provinsi Dki Jakarta,” J. Informatics Commun. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 42–49, 2021, doi: 10.52661/j_ict.v3i1.72.
[5] A. M. Nisa and H. Kurniansyah, “Perancangan dan Implementasi Finite State Automata pada Pusheen Cat Maze Game dengan Adobe Flash,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 2, no. 1, p. 13, 2019, doi: 10.25273/research.v2i1.4268.
[6] I. D. Wisjaya, N. A. Fajarina, and D. H. Subhi, “Simulasi Pembelajaran Berternak Burung Puyuh Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android,” J. Teknol. Inf. dan Terap., vol. 6, no. 1, pp. 12–18, 2019, doi: 10.25047/jtit.v6i1.103.
[7] R. A. Ma’arif and F. Fauziah, “Implementasi Finite State Automata (FSA) dalam Proses Pengisian Kartu Rencana Studi,” JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 115–120, 2018, doi: 10.31328/jointecs.v3i3.816.
[8] R. A. W, H. Tolle, and O. Setyawati, “Pengembangan Aplikasi Text-to -,” Pengemb. Apl. Text-to-Speech Bhs. Indones. Menggunakan Metod. Finite State Autom. Berbas. Android, vol. 5, no. 1, 2016, [Online]. Available: https://www.academia.edu/61451518/Pengembangan_Aplikasi_Text_to_Speech_Bahasa_Indonesia_Menggunakan_Metode_Finite_State_Automata_Berbasis_Android
[9] A. Perguruan and T. Aperti, “Jurnal Teknologia PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN ‘ PILAH SAMPA H ’ MENGGUNAKAN PEMODELAN FINITE STATE Jurnal Teknologia,” vol. 1, no. 1, pp. 38–46, 2018.
[10] M. Hamada and S. Sato, “A game-based learning system for theory of computation using Lego NXT robot,” Procedia Comput. Sci., vol. 4, pp. 1944–1952, 2011, doi: 10.1016/j.procs.2011.04.212.
[11] Z. Zhang, C. Xia, and Z. Chen, “On the stabilization of nondeterministic finite automata via static output feedback,” Appl. Math. Comput., vol. 365, p. 124687, 2020, doi: 10.1016/j.amc.2019.124687.
[12] A. W. Aranski, Teori Bahasa dan Otomata, 2018th ed. Pustaka Galeri Mandiri.