Optimalisasi Web Server Menggunakan System Failover Clustering Berbasis Cloud Computing

Main Article Content

Muhajirin

Abstract

Salah satu penyebab kegalan server  melayanani client adalah karena hanya  satu server sebagai pusat data yang melayani berbagai permintaan data dari komputer client. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan System Failover Clustering berbasis Cloud Computing Pada Web Server. Data ini diperoleh melalui Penelitian Lapangan, Penelitian Pustaka dan Wawancara. Data itu dianalisis dengan menggunakan metode Network Development Life Cycle. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa server yang dibangun menggunakan System Failover Clustering cukup signifikan dari segi availability dan skalabilitas apabila terjadi failure/downtime pada server yang sedang aktif maka layanan akan berpindah ke server pasif kemudian berubah menjadi server aktif sehingga akses/permintaan koneksi dari client tidak terputus. Kemudian dari segi keamanan data, resiko kehilangan data dapat ditiadakan karena semua data tersimpan pada kedua server.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Lysy C. Moleong, Arthur M. Rumagit, dan Brave A. Sugiarso, " Implementasi Cluster Computing Untuk Render Animasi", Teknik elektro dan komputer, pp 1-8, 2013
[2] Alexander F.K. Siberu "Web Programming Power Pack", Yogyakarta, Mediakom, 2013
[3] Iwan Sofana,"Cloud Computing Teori dan Praktik", Bandung, Informatika, 2012.
[4] I Putu Agus eka Pratama,"Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-teknologi Pendukung Lainnya", Bandung, Informatika, 2014.
[5] Nanang Purnomo dan Melwin Syafrizal," Failover Cluster Server Dan Tunneling Eoip Untuk Sistem Disaster Recovery", Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, issn:2302-3805, 19 Januari, 2013
[6] Muhammad Aidi Ali" Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori Antrian pada Kaltimgps.com di Samarinda. Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis, volume 2, nomor 2, 2004 :34-357. (Diakses pada hari Sabtu, tanggal 15 April 2017 pukul 17.00 WITA).
[7] Abdul Rouf," Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode White Box Dan Black Box", Sistem Informasi – STMIK HIMSYA Semarang .
[8] Janner, S."Rekayasa Perangkat Lunak." Yogyakarta: Andi, 2010
[9] Sutabri, T,"Analisis Sistem Informasi". Yogyakarta: Andi, 2012..
[10] Peni Nala Sari,"Pengertian Back Up Data, Downtime, dan Back Up Online". 12 Oktober 2012.