Monitoring Kehadiran Dan Perilaku Peserta Didik Dengan Sistem Integrasi Presensi Dan Buku Penghubung Berbasis Android
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan membangun sistem monitoring dengan penggabungan fungsi presensi dan buku penghubung berbasis Aplikasi Android. Penelitian ini dilakukan menggunakan sampel data di SDN 066 Pekkabata, Kabupaten Polewali Mandar, Sulwaesi Barat. Aplikasi ini di bangun dengan menggunakan model Client-Server dimana servernya berbasis website dan Clientya berbasis Aplikasi Android. Web server yang dibangun digunakan sebagai tempat pengolahan data seperti data peserta didik, guru, presensi dan buku penghubung. Data yang tersimpan dalam database server selanjutnya dapat di akses oleh aplikasi client yang berbasis sistem operasi Android. Selain itu, client juga dapat melakukan penginputan data presensi. Data yang diinput kemudian tersimpan dalam database server dengan menggunakan Web service JSON (JavaScript Object Notation). Implementasi sistem pada lokasi penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem dapat lebih memudahkan orang tua dalam memantau kehadiran dan perilaku anaknya di sekolah, selain itu bagi guru dan wali kelas, pengembangan sistem ini memudahkan dalam pengelolaan presensi dan buku penghubung, serta sistem yang dikembangkan dapat memfasilitasi kepala sekolah memonitor kehadiran peserta didik dan perilakunya sehingga dapat menjadi bahan evaluasi pendidikan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
[2] H. Permono, “Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini,” 2013.
[3] I. Rahmawati, H. U. Kaltsum, and S. S. M. Hum, “Manfaat Penggunaan Buku Penghubungsebagai Media Komunikasi Guru Dengan Orang Tuasiswa Kelas IIA SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
[4] H. Firmansyah, S. Suryatiningsih, and B. Siswanto, “Aplikasi Buku Penghubung Sd Ar-rafi Berbasis Web,” eProceedings Appl. Sci., vol. 3, no. 1, 2017.
[5] D. A. Diartono, “Integrasi Sistem Presensi Finger Print dan Sistem Sms Gateway untuk Monitoring Kehadiran Siswa,” Dinamik, vol. 15, no. 1, 2010.
[6] I. Neforawati, M. I. Fareza, and V. Juniarti, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Absensi Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta Menggunakan Teknologi NFC Pada Android,” J. Poli-Teknologi, vol. 14, no. 2, 2015.
[7] I. MADE and D. SUSILA, “SISTEM ABSENSI MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE BARCODE BERBASIS ANDROID.” UPN" veteran" Jawa Timur, 2013.
[8] D. Puspitasari, H. Hendry, and R. Somya, “Student Monitoring System pada J2ME menggunakan Web Service (Studi Kasus: SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Tengaran),” d’CARTESIAN, vol. 2, no. 1, pp. 33–46, 2013.
[9] R. Mulyana and M. Ridwan, “Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Client-Server Pada PT. Radio Nasional Buana Suara,” J. Ilm. Ilmu Ekon. (Jurnal Akuntansi, Pajak dan Manajemen), vol. 5, no. 10, pp. 127–133, 2017.
[10] A. F. Andini, M. Irzal, and R. Arafiyah, “Perancangan dan Implementasi Sistem Absensi Online Berbasis Android di Lingkungan Universitas Negeri Jakarta,” 2017.
[11] S. Susanti, “Prototype Sistem Monitoring Siswa Menggunakan Teknologi RFID (Radio Frequency Identification) dan Sms Gateway Berbasis Client Server (Studi Kasus: SMA Santo Paulus Pontianak),” JUSTIN (Jurnal Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 25–30, 2014.
[12] E. Sutinah, G. N. Azima, and E. F. Imaduddin, “Sistem Informasi Monitoring Akademik Dan Prestasi Siswa Dengan Metode Waterfall,” JIEET (Journal Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 47–59, 2018.
[13] N. R. Khasanah, “IMPLEMENTASI PENGGUNAAN BUKU PENGHUBUNG SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA DI TAMAN KANAK-KANAK MASJID KAMPUS UGM,” Hanata Widya, vol. 6, no. 5, pp. 69–77, 2017.
[14] A. AR, “Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Berkarakter Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Kelas Awal Sekolah Dasar,” in Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 2013, pp. 1437–1449.
[15] B. Basri, M. Assidiq, and U. Anatasya, “LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) IN TESTING SYSTEM USING CLIENT-SERVER MODEL,” IJISCS (International J. Inf. Syst. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 51–58, 2018.