Sistem Manajemen Perpustakaan Digital Dengan Teknologi RFID Pada STT Baramuli

Main Article Content

Idhan Zaldi
Zulfajri Basri H
Merna Baharuddin

Abstract

Pengolahan data pada sistem informasi perpustakaan dilakukan pada satu lokasi perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah pencarian dan pengolahan buku perpustakaan pada kampus STT Baramuli Pinrang. Pada penelitian ini dibuat aplikasi untuk menghubungkan antara device RFID dan database buku pada perpustakaan. Proses yang kompleks menuntut suatu instansi perpustakaan mencari cara agar proses yang terjadi dapat berjalan dengan lebih efisien, mulai dari proses pencarian buku, inventarisasi, hingga sirkulasi buku. Teknologi identifikasi dapat meningkatkan kinerja layanan perpustakaan. Dalam perkembangan selanjutnya diperlukan teknologi baru dengan kinerja yang diharapkan lebih memuaskan, yaitu identifikasi dengan signal gelombang radio (RFID). Apresiasi yang memadai dapat digunakan oleh pustakawan, agar dapat memanfaatkan berbagai kelebihan teknologi RFID untuk mempertahankan dan meningkatkan stamina pelayanan perpustakaan. Perpustakaan adalah salah satu dari jenis industri jasa yang menghadapi tantangan, berupa faktor-faktor seperti mobilitas tinggi, keamanan data, ketangguhan terhadap gangguan, kestabilan dan kerja yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk uji coba perangkat lunak dapat terlihat bahwa program sudah bekerja dengan benar yaitu buku yang diberikan tag RFID dapat berkomunikasi dengan sistem yang menggunakan RFID reader

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Arief, & Rudianto M. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql. Yogyakarta: ANDI.
[2] Bafadal I. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara. 125.
[3] Bali M. (2014). Rancang bangun sistem informasi pemasukan Buku dari pembelian beserta distribusinya Pada badan arsip dan perpustakaan umum Kota surabaya, Stikom Surabaya, Jurnal.
[4] Hidayatullah, & Priyanto. (2012). Visual Basic .NET, Bandung: Informatika.
[5] Supriyanto, Wahyu & Muhsin A. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan: Strategi Perancangan Perpustakaan Digital. Yogyakarta: Kansius.
[6] Maryono. (2005). Dasar-dasar Radio Frequency Identification (RFID) Yang Berpengaruh Di Perpustakaan. Media Informasi Vol. XIV No. 20.
[7] Hidayat R. (2010). Teknologi Wireless RFID Untuk Perpustakaan Polnes : Suatu Peluang,Jurnal Informatika Mulawarman Vol 5.
[8] Kamil L. (2015). Sistem informasi perpustakaan Pada Kantor Perpustakaan daerah Kabupaten Garut, Unikom Bandung, Jurnal.
[9] Sholeh, Dede S., Vicco R., & Ahmad Z. (2013). Aplikasi pemanfaatan barcode untuk transaksi di perpustakaan SMAN 18 Kabupaten Tangerang, OAJIS Stmik Raharja, Jurnal.
[10] Tudora, Eleonora, Alexandru, Adriana & Ia, Marilena. (2012). Designing systems for control and verifying the authenticity of products using RFID technology. International Journal of Computer and Communication, pp. 17-25.