Sistem Integrasi Data Musrenbang Desa Berbasis Web

Main Article Content

Riska R
Rosmawati Tamin
Muhammad Sarjan

Abstract

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sebagai agenda tahunan dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. Masalah yang terjadi pada Desa/Kelurahan di Kecamatan Wonomulyo yaitu, proses rekapitulasi data Musrenbang masih manual yang mana data masih dikerjakan dengan cara diketik dan disimpan memakai Microsoft Excel. Akibatnya, banyak data Musrenbang yang sering hilang dan banyak salah dalam memasukkan data serta bentuk pengelolaan data masih dilakukan secara konvensional. Sistem integrasi data dibangun dengan menggunakan metode waterfall, menggunakan bahasa pemograman PHP dan Database MysQL. Solusi yang ditawarkan adalah sebuah website yang terhubung dengan beberapa instansi yang terlibat sehingga proses input, dan penyajian data dapat disajikan dalam satu proses. begitupun daftar rencana kerja dan usulan pembangunan desa serta melihat status usulan dengan cepat. Hasil penelitian ini adalah sebuah desain sistem informasi yang bertujuan untuk mengolah data hasil musyawarah perencanaan pembangunan desa sehingga mempercepat proses pembuatan laporan musrenbang desa dan sebagai wadah penyampaian untuk mengusulkan hasil musyawarah perencanaan pembangunan desa berupa rencana kerja dan usulan pembangunan desa yang nantinya akan bisa dipantau langsung oleh Kecamatan Wonomulyo dan Balitbangren Kab. Polewali Mandar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Azhar, F. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( MUSRENBANG ) di Kelurahan Pegirian Kecamatan Semampir Kota Surabaya, 3, 67–68.
[2] Azhar Susanto. (2017). Sistem Infromasi Manajemen konsep dan pengembangan secara terpadu. bandung : Lingga jaya.
[3] Meirawan, D. A. T. dan D. (2013). Berbasis Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar, (1), 61–72.
[6] Firman, A., Wowor, H., & Najoan, X. (2016). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Application. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 1(2), 66–77.
[7] Alex Fahrudin, Bambang Eka Purnama, B. K. R. (2011). Pembangunan Sistem Informasi Layanan Haji Berbasis Web Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji. Speed, 9330(1), 63–71.
[8] Palit, R. V, Rindengan, Y. D. Y., & Lumenta, A. S. M. (2015). Rancangan Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer Vol, 4(7), 1–7.
[4] Sindi, R. A. L. F. K. H. (2015). Sistem Informasi Produk Dan Data Calon Jamaah Haji Dan Umroh Pada Pt. Travellindo Lusiyana Banjarmasin Berbasis Web. Jurnal POSITIF, 1(1), 1–13.
[9] Sugiyono. (2014). Teknik Pengumpulan Data Metodologi Penelitian. Bandung: CV Alfabeta, 1-3.
[5] Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (2017). Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana, 19, 1–10