MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITYFONT
Main Article Content
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu di alam sekitar, termasuk benda-benda, peristiwa, dan fenomena yang terjadi di alam. Dalam IPA, konsep yang harus dipelajari oleh siswa sistem tata surya. Berdasarkan analisis yang dilakukan di MTS Mas'udiyah Wonomulyo, metode pembelajaran yang saat ini digunakan untuk mengajarkan materi sistem tata surya masih bersifat tradisional atau manual, yaitu menggunakan buku cetak dan papan tulis. Pendekatan ini cenderung membuat siswa menjadi pasif dan kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sebagai solusi inovatif, peneliti memutuskan untuk menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai alternatif alat peraga untuk membantu proses belajar mengajar materi sistem tata surya. AR memungkinkan siswa untuk melihat dan berinteraksi dengan objek virtual yang terintegrasi dengan lingkungan sekitar mereka. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, aplikasi dapat berjalan dengan optimal. Objek dapat terdeteksi dengan area tracking berjarak 20 cm - 50 cm dengan intensitas cahaya diatas 0 lux.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
[2] Christiano Mantaya Wenthe, D., Pranatawijaya, V. H., & A.A.P, P. B. (2021). Aplikasi Pengenalan Objek Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Teknologi Augmented Reality Rancangan Bangun Aplikasi Warung Kita.
[3] H., H., Sarjan, M., & Muammar, M. (2021). Sistem Informasi Event Organizer Berbasis Android. Journal Peqguruang, 3(1), 406–410. https://doi.org/10.35329/jp.v3i1.2681
[4] Karundeng, C. O., Mamahit, D. J., & Sugiarso, B. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Satwa Langka di Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20852
[5] Nasoba, N. N. (2021). Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Interaktif Pada Toko Sunny Meubel Di Kota Metro Berbasis Android.
[7] Prasetyo, S. A. (2014). Augmented Reality Tata Surya Sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa.
[8] Prayoga, D. A. (2018). Media Pembelajaran Mengenal Jenis Batuan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3), 64–73. https://doi.org/10.37438/jimp.v3i3.190
[9] Priyati, E. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Ibadah Kompetensi Dasar Salat Jumat Melalui Media Film Pada Siswa Kelas Vii D Di Smp Muhammadiyah 3 Purwokerto.
[10] Purwantono, A. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Tata Surya 3d Hologram Menggunakan Perintah Suara Google Speech Api Berbasis Android.
[11[ Septiana, F. (2021). Perancangan Pembuatan Videoscribe Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Tata Surya Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Worawari di Tengah Pandemi Covid-19.
[12] Wahya Dhiyatmika, I. D. G., Darma Putra, I. K. G., & Ika Marini Mandenni, N. M. (2015). Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatang untuk Siswa TK. Lontar Komputer, 6(2), 589–596.