MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITYFONT

Main Article Content

muhammad Sarjan
Muammar
Adnan Maulana

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu di alam sekitar, termasuk benda-benda, peristiwa, dan fenomena yang terjadi di alam. Dalam IPA, konsep yang harus dipelajari oleh siswa sistem tata surya. Berdasarkan analisis yang dilakukan di MTS Mas'udiyah Wonomulyo, metode pembelajaran yang saat ini digunakan untuk mengajarkan materi sistem tata surya masih bersifat tradisional atau manual, yaitu menggunakan buku cetak dan papan tulis. Pendekatan ini cenderung membuat siswa menjadi pasif dan kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sebagai solusi inovatif, peneliti memutuskan untuk menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai alternatif alat peraga untuk membantu proses belajar mengajar materi sistem tata surya. AR memungkinkan siswa untuk melihat dan berinteraksi dengan objek virtual yang terintegrasi dengan lingkungan sekitar mereka. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, aplikasi dapat berjalan dengan optimal. Objek dapat terdeteksi dengan area tracking berjarak 20 cm - 50 cm dengan intensitas cahaya diatas 0 lux.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Ade Sabarudin Hidayat. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Paseh II Pada Pelajaran IPA.
[2] Christiano Mantaya Wenthe, D., Pranatawijaya, V. H., & A.A.P, P. B. (2021). Aplikasi Pengenalan Objek Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Teknologi Augmented Reality Rancangan Bangun Aplikasi Warung Kita.
[3] H., H., Sarjan, M., & Muammar, M. (2021). Sistem Informasi Event Organizer Berbasis Android. Journal Peqguruang, 3(1), 406–410. https://doi.org/10.35329/jp.v3i1.2681
[4] Karundeng, C. O., Mamahit, D. J., & Sugiarso, B. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Satwa Langka di Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20852
[5] Nasoba, N. N. (2021). Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Interaktif Pada Toko Sunny Meubel Di Kota Metro Berbasis Android.
[7] Prasetyo, S. A. (2014). Augmented Reality Tata Surya Sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa.
[8] Prayoga, D. A. (2018). Media Pembelajaran Mengenal Jenis Batuan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3), 64–73. https://doi.org/10.37438/jimp.v3i3.190
[9] Priyati, E. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Ibadah Kompetensi Dasar Salat Jumat Melalui Media Film Pada Siswa Kelas Vii D Di Smp Muhammadiyah 3 Purwokerto.
[10] Purwantono, A. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Tata Surya 3d Hologram Menggunakan Perintah Suara Google Speech Api Berbasis Android.
[11[ Septiana, F. (2021). Perancangan Pembuatan Videoscribe Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Tata Surya Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Worawari di Tengah Pandemi Covid-19.
[12] Wahya Dhiyatmika, I. D. G., Darma Putra, I. K. G., & Ika Marini Mandenni, N. M. (2015). Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatang untuk Siswa TK. Lontar Komputer, 6(2), 589–596.