Analisis Pengaruh AI : Perubahan Tingkat Kemalasan Mahasiswa di Kota Batam
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi ChatGPT oleh OpenAI telah membawa perubahan signifikan di bidang pendidikan. Meskipun pada awalnya diterima dengan baik karena kemudahan penggunaannya dan kontribusinya dalam memfasilitasi mahasiswa menyelesaikan tugas, namun dampak ChatGPT terhadap tingkat kemalasan mahasiswa dalam berpikir perlu menjadi perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara menyeluruh berbagai dampak ChatGPT terhadap berbagai aspek. Penelitian ini berupaya mengeksplorasi bagaimana teknologi ini mempengaruhi proses pembelajaran, hasil pendidikan, dan interaksi dalam lingkungan pendidikan.. Dengan melakukan pendekatan kuantitatif melalui analisis data menggunakan teknik regresi, penelitian ini melibatkan pengisian kuesioner oleh 413 mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Batam melalui Google Forms, yang kemudian disebarkan melalui media sosial seperti WhatsApp dan Telegram. Penelitian ini juga mengungkapkan adanya keterkaitan yang cukup signifikan antara penggunaan ChatGPT dan tingkat kemalasan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang sering menggunakan ChatGPT dalam mengerjakan tugasnya cenderung memiliki tingkat kemalasan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mahasiswa yang jarang bergantung pada ChatGPT. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa penggunaan ChatGPT cenderung mengarah pada peningkatan tingkat kemalasan dalam mengerjakan tugas. Oleh karena itu, implikasi dari penelitian ini menekankan perlunya peninjauan ulang dalam penggunaan ChatGPT dalam konteks pendidikan, dengan menekankan pentingnya pengembangan kemandirian dan pemikiran kritis di antara mahasiswa.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
[2] M. Erline and Y. Christian, “Chatbot with Natural Language Processing and Knuth-Morris-Pratt (Case Study: Universitas Internasional Batam),” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 11, pp. 132–141, 2022, doi: 10.23887/jst-undiksha.v11i1.
[3] A. Zein, I. Salsabiela, R. Kartika Lubis, and S. Pelita Nusantara, “Hubungan Empiris Chat GPT Pada Pembelajaran Mahasiaswa Bisnis Digital Di STMIK Pelita Nusantara Medan,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 3, pp. 900–903, 2024, doi: 10.55338/saintek.v5i1.2789.
[4] W. Suharmawan, “Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan,” Education Journal : Journal Educational Research and Development, vol. 7, no. 2, pp. 158–166, Aug. 2023, doi: 10.31537/ej.v7i2.1248.
[5] A. Syahri, L. Efriyanti, S. Zakir, and M. Imamuddin, “Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Pola Pikir Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian : Studi Penelitian Kuantitatif,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), vol. 5, pp. 135–143, Mar. 2024, doi: 10.52060/jipti.v5i1.1910.
[6] Nur Nindya Risnina, Septica Tiara Indah Permatasari, Aliyya Zahra Nurulhusna, Febina Mushen Anjelita, Cahya Wulaningtyas, and Nur Aini Rakhmawati, “Pengaruh ChatGPT Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember,” Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, vol. 2, no. 4, pp. 119–132, Nov. 2023, doi: 10.55606/jpbb.v2i4.2364.
[7] Alya Resti Saraswati, Vasya Ayu Karmina, Maharani Putri Efendi, Zahrina Candrakanti, and Nur Aini Rakhmawati, “Analisis Pengaruh ChatGPT Terhadap Tingkat Kemalasan Berpikir Mahasiswa ITS Dalam Proses Pengerjaan Tugas,” Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, vol. 2, no. 4, pp. 40–48, Oct. 2023, doi: 10.55606/jpbb.v2i4.2223.
[8] Misnawati, “ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan,” Palangka Raya.
[9] H. Nufus, “Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa,” Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, vol. x No. 1, pp. 28–31, 2024.
[10] T. Mairisiska and N. Qadariah, “Persepsi Maasiswa Ftik IAIN Kerinci Terhadap Penggunaan ChatGPT Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital,” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, vol. 13, pp. 107–124, 2023, doi: 10.23887/jurnal_tp.v13i2.2653.
[11] H. Crompton and D. Burke, “Artificial intelligence in higher education: the state of the field,” International Journal of Educational Technology in Higher Education, vol. 20, no. 1, Dec. 2023, doi: 10.1186/s41239-023-00392-8.
[12] M. Shanmugasundaram and A. Tamilarasu, “The impact of digital technology, social media, and artificial intelligence on cognitive functions: a review,” Frontiers in Cognition, vol. 2, Nov. 2023, doi: 10.3389/fcogn.2023.1203077.
[13] V. Varma Vegesna, “Privacy-Preserving Techniques in AI-Powered Cyber Security: Challenges and Opportunities.”
[14] L. Yu and Y. Li, “Artificial Intelligence Decision-Making Transparency and Employees’ Trust: The Parallel Multiple Mediating Effect of Effectiveness and Discomfort,” Behavioral Sciences, vol. 12, no. 5, May 2022, doi: 10.3390/bs12050127.
[15] S. Zhang, X. Zhao, T. Zhou, and J. H. Kim, “Do you have AI dependency? The roles of academic self-efficacy, academic stress, and performance expectations on problematic AI usage behavior,” International Journal of Educational Technology in Higher Education, vol. 21, no. 1, May 2024, doi: 10.1186/s41239-024-00467-0.