Analisis Pengaruh AI : Perubahan Tingkat Kemalasan Mahasiswa di Kota Batam

Main Article Content

Muthia Andini
Felicia Diana Rose
Joanntika Lewis
Juan Reza Rizkilmy
Desi Renata Sinurat

Abstract

Perkembangan teknologi ChatGPT oleh OpenAI telah membawa perubahan signifikan di bidang pendidikan. Meskipun pada awalnya diterima dengan baik karena kemudahan penggunaannya dan kontribusinya dalam memfasilitasi mahasiswa menyelesaikan tugas, namun dampak ChatGPT terhadap tingkat kemalasan mahasiswa dalam berpikir perlu menjadi perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara menyeluruh berbagai dampak ChatGPT terhadap berbagai aspek. Penelitian ini berupaya mengeksplorasi bagaimana teknologi ini mempengaruhi proses pembelajaran, hasil pendidikan, dan interaksi dalam lingkungan pendidikan.. Dengan melakukan pendekatan kuantitatif melalui analisis data menggunakan teknik regresi, penelitian ini melibatkan  pengisian kuesioner oleh 413 mahasiswa dari berbagai universitas di Kota Batam melalui Google Forms, yang kemudian disebarkan melalui media sosial seperti WhatsApp dan Telegram. Penelitian ini juga mengungkapkan adanya keterkaitan yang cukup signifikan antara penggunaan ChatGPT dan tingkat kemalasan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang sering menggunakan ChatGPT dalam mengerjakan tugasnya cenderung memiliki tingkat kemalasan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mahasiswa yang jarang bergantung pada ChatGPT. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa penggunaan ChatGPT cenderung mengarah pada peningkatan tingkat kemalasan dalam mengerjakan tugas. Oleh karena itu, implikasi dari penelitian ini menekankan perlunya peninjauan ulang dalam penggunaan ChatGPT dalam konteks pendidikan, dengan menekankan pentingnya pengembangan kemandirian dan pemikiran kritis di antara mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] O. Manurung, A. C. Destiani, J. Sugiarto, A. T. A. Lolo, and K. Chai, “Identifikasi Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Kemampuan Berfikir Mahasiswa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Sistem Informasi Angkatan 2021,” 2023.
[2] M. Erline and Y. Christian, “Chatbot with Natural Language Processing and Knuth-Morris-Pratt (Case Study: Universitas Internasional Batam),” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 11, pp. 132–141, 2022, doi: 10.23887/jst-undiksha.v11i1.
[3] A. Zein, I. Salsabiela, R. Kartika Lubis, and S. Pelita Nusantara, “Hubungan Empiris Chat GPT Pada Pembelajaran Mahasiaswa Bisnis Digital Di STMIK Pelita Nusantara Medan,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 3, pp. 900–903, 2024, doi: 10.55338/saintek.v5i1.2789.
[4] W. Suharmawan, “Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan,” Education Journal : Journal Educational Research and Development, vol. 7, no. 2, pp. 158–166, Aug. 2023, doi: 10.31537/ej.v7i2.1248.
[5] A. Syahri, L. Efriyanti, S. Zakir, and M. Imamuddin, “Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Pola Pikir Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian : Studi Penelitian Kuantitatif,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), vol. 5, pp. 135–143, Mar. 2024, doi: 10.52060/jipti.v5i1.1910.
[6] Nur Nindya Risnina, Septica Tiara Indah Permatasari, Aliyya Zahra Nurulhusna, Febina Mushen Anjelita, Cahya Wulaningtyas, and Nur Aini Rakhmawati, “Pengaruh ChatGPT Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember,” Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, vol. 2, no. 4, pp. 119–132, Nov. 2023, doi: 10.55606/jpbb.v2i4.2364.
[7] Alya Resti Saraswati, Vasya Ayu Karmina, Maharani Putri Efendi, Zahrina Candrakanti, and Nur Aini Rakhmawati, “Analisis Pengaruh ChatGPT Terhadap Tingkat Kemalasan Berpikir Mahasiswa ITS Dalam Proses Pengerjaan Tugas,” Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, vol. 2, no. 4, pp. 40–48, Oct. 2023, doi: 10.55606/jpbb.v2i4.2223.
[8] Misnawati, “ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan,” Palangka Raya.
[9] H. Nufus, “Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa,” Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, vol. x No. 1, pp. 28–31, 2024.
[10] T. Mairisiska and N. Qadariah, “Persepsi Maasiswa Ftik IAIN Kerinci Terhadap Penggunaan ChatGPT Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital,” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, vol. 13, pp. 107–124, 2023, doi: 10.23887/jurnal_tp.v13i2.2653.
[11] H. Crompton and D. Burke, “Artificial intelligence in higher education: the state of the field,” International Journal of Educational Technology in Higher Education, vol. 20, no. 1, Dec. 2023, doi: 10.1186/s41239-023-00392-8.
[12] M. Shanmugasundaram and A. Tamilarasu, “The impact of digital technology, social media, and artificial intelligence on cognitive functions: a review,” Frontiers in Cognition, vol. 2, Nov. 2023, doi: 10.3389/fcogn.2023.1203077.
[13] V. Varma Vegesna, “Privacy-Preserving Techniques in AI-Powered Cyber Security: Challenges and Opportunities.”
[14] L. Yu and Y. Li, “Artificial Intelligence Decision-Making Transparency and Employees’ Trust: The Parallel Multiple Mediating Effect of Effectiveness and Discomfort,” Behavioral Sciences, vol. 12, no. 5, May 2022, doi: 10.3390/bs12050127.
[15] S. Zhang, X. Zhao, T. Zhou, and J. H. Kim, “Do you have AI dependency? The roles of academic self-efficacy, academic stress, and performance expectations on problematic AI usage behavior,” International Journal of Educational Technology in Higher Education, vol. 21, no. 1, May 2024, doi: 10.1186/s41239-024-00467-0.