Analisis Realisasi Pendapatan Dan Belanja Dinas Pendidikan Indramayu Berbasis Web

Main Article Content

Munengsih Sari Bunga
Ahmad Lubis Ghozali

Abstract

Pemasukan data-data transaksi keuangan yang berlangsung di Dinas Pendidikan Indramayu terkait laporan pendapatan dan belanja seperti penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dilakukan secara manual dan pengambilan data masih dilakukan secara langsung ke sekolah-sekolah. Transaksi keuangan hanya bisa dilakukan pada komputer lokal yang ada pada Dinas Pendidikan, sehingga bila staf keuangan atau orang yang bersangkutan sedang berada di luar maka tidak bisa melakukan transaksi. Sehingga perlu dibuat sebuah sistem informasi yang dapat membantu Dinas Pendidikan Indramayu dalam pengmabilan data laporan realisasi pendapatan dan belanja dari sekolah-sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Pertama dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Indramayu. Diharapkan dengan adanya sistem informasi yang berbasis web maka proses transaksi keuangan dalam hal laporan pendapatan dan belanja Dinas Pendidikan Indramayu dapat dilakukan dengan lebih mudah. Para staf keuangan dapat memproses transaksi keuangan secara cepat, Kepala Dinas dapat melihat keadaan keuangan dan realisasi penyaluran dana ke sekolah-sekolah meskipun tidak berada pada kantor dinas, dan pemeliharaan data dapat dilakukan dengan lebih mudah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Admin. (2017). Visi Misi [online]. Available http://disdik.indramayukab.go.id/visi-misi/.
[2] Anonim. Program BOS [online]. Available http://www.tnp2k.go.id/.
[3] Halim, Abdul dan Kusufi, “Akuntansi Keuangan Daerah”, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat, 2012.
[4] Hariyanto, Bambang, Sistem Manajemen Basis Data, Bandung: Informatika, 2004.
[5] Hartono, J., Analisa & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2009.
[6] Mahmudi, Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta: YKPN, 2007.
[7] N Adrina. (2011). Chapter II – Pengertian Sistem Informasi [online]. Available http:// repository.usu.ac.id.
[8] Pressman, Roger, Software Engineering, A Practitioner’s Approach, USA: McGraw-Hill, 2010.
[9] Ridvia Lisa, Maschandra dan Rusman Iskandar, Analisis Data Kualitatif Model Miles dan Huberman, Program Studi Magister Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, 2010.
[10] Sanny, Perancangan Aplikasi Keuangan Pada PT. Fresh On Time Seafood, Skripsi Program Studi Sistem Informasi STMIK TIME MEDAN, 2015.
[11] U Rusita. (2015). Analisis efisiensi dan efektifitas pelaksanaan realisasi anggaran belanja langsung dinas pendidikan kota semarang [online]. Available http://eprints.dinus.ac.id/.